LATAR BELAKANG 

Poster, menurut KBBI adalah plakat yang dipasang ditempat umum berupa pengumuman atauiklan. Salah satu media untuk mempromosikan dan mengenalkan sebuah film adalah dengan menggunakan poster. Elemen-elemen di dalam posterfilm meliputi warna, tipografi, ilustrasi atau fotografi,juga layout yang ditata sedemikian rupa. Poster filmdapat ditemui di dalam maupun di luar bioskop, juga di media promosi lain seperti majalah, koran. Poster dari film animasi yang berjudul “Turning Red” merupakan poster yang didesaino leh Legion Creative yakni agensi print, digital, dan sosial yang dikhususkan untuk bidang hiburan. Studio animasi Disney dan Pixar sudah beberapa kali menggunakan jasa tersebutpada promosi animasi dengan media poster. 

Turning Red merupakan animasi yang bercerita mengenai Mei Lee, seorang perempuan berusia tiga belas tahun yang memiliki sifat penuh percaya diri dan memiliki latar belakang etnis cina-kanada. Mei Lee merasa dilema untuk tetap menjadi anak perempuan yang patuh namun disisi lain Ia harus menghadapi kacaunya masa transisi pubertas, yang apabila ketika Mei Lee merasa terlalu stres ataupun bahagia, ia akan berubah menjadi hewan panda merah yang besar. Film ini ditulis dan di sutradarai oleh Domee Shi dan akan dirilis di Amerika pada tanggal 11 Maret tahun 2022


METODE 

    Dalam menganalisis poster ini, peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif. Metode penelitian deskriptif merupakan usaha dalam mengeksplorasi dam mengklarifikasi suatu objek dengan cara mendeskripsikan sejumlah variabel yang berkenaan dengan objek yang diteliti. penelitian ini menggunakan pendekatan teori mimesis (imitasi) yang diusung oleh Plato. Konsep plato tentang seni sebagai mimesisberdasar pada prinsip dualismemya, yaitu paham terhadap dua dunia. 1) Dunia ide, yangmerupakan sebuah bentuk konsep tentang sesuatu yang bersumber dalam pikiran manusia sendiridan tidak dapat tersentuh oleh alat indrawi manusia, dan 2) dunia indrawi, tempat segala hal yangdapat ditangkap oleh indrawi manusia. Di antara keduanya, yang dianggap realita adalah dunia ide, karena di sana letaknya konsep kesempurnaan, sebuah kebenaran. Hakikat tersebut sesuai dengan pendapat Plato tentang seni dimana hal utama dalam dalam seni dan keindahan adalah ide. Ide merupakan trasenden dan hanya bisa dijangkau melalui “kemampuan menalar secara dialektis”. Plato menginginkan agar seni tidak hanya sekedar mengimitasi melainkan realitas agar seniman tidak hanya dikenal sebagai peniru dari tiruan. Untuk itu menurutnya seni harus mampu menghadirkan ide bentuk karya seni.

    dalam mengumpulkan data peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif yaitu peneliti menggunakan teori dan data yang telah dibuat dalam jurnal, buku, ataupunartikel yang dibuat didalam web, untuk dijadikan acuan dalam pembahasan penelitian.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

menganalisis poster dalam film Turning Red dengan teori mimesis

Laporan Perjalanan Pekan Kebudayaan Nasional di Galeri Nasional